Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan Quizwhizzer

  • Rima Meslita Universitas Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fitri Wahyuningsih Universitas Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Media Pembelajaran, 4-D, PowerPoint, Quiz Whizzer

Abstract

Penelitian ini mendalami pembuatan presentasi PowerPoint dan kuis QuizWhizzer seputar Teorema Pythagoras untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Muaro Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan, kegunaan, dan kemanjuran model 4-D dalam pengajaran matematika melalui penggunaan QuizWhizzer dan PowerPoint. Kuesioner digunakan sebagai sarana pengumpulan informasi. Produk dievaluasi validitas, kepraktisan, dan keampuhannya melalui penggunaan kuesioner. Uji validitas dilakukan oleh ahli media, materi, dan bahasa, serta pendidik mata pelajaran. Uji coba produk dilakukan dalam dua tahap: pertama dengan kelompok kecil, kemudian dengan kelompok besar yang semuanya diberikan kepada siswa kelas VIII. Sebanyak 86% materi, 82% bahasa, dan 89% media ditetapkan “Sangat Valid” berdasarkan perhitungan. Di kalangan guru mata pelajaran, 93,34 persen menilai kepraktisan “sangat praktis”, sedangkan siswa menilai 85 persen. Selain itu, hasil uji efektivitas diperoleh dari nilai tes siswa dengan tingkat penyelesaian 90% dengan kriteria “sangat efektif”. Temuan penelitian ini mendukung klaim bahwa QuizWhizzer dan PowerPoint adalah alat pengajaran matematika yang berguna, relevan, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmal, M. Amir Masruhim, & Suryaningsi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Jam Sudut Pizza Di Kelas IV SDN 009 SAMARINDA ULU. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(6), 1273–1290.

Branch, RM, & Kopcha, TJ (2014). Model Desain Pembelajaran. Dalam Handbook penelitian tentang komunikasi pendidikan dan teknologi.

Fitria, D. A. F. A., & Nurafni, N. (2021). Audio Visual Learning Media Based on Microsoft Powerpoint with Materials for Summary and Reduction of Class III Mathematics Courses. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 274–280.

I. Nuraini, S. Sutama, and S. Narimo, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 Di Sekolah Dasar’, J. VARIDIKA, vol. 31, no. 2, pp. 62–71, 2020.

Khaerunnisa, Febriana, Yyfr Sunarjan, and Hamdan Tri Atmaja. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejara Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018.” Indonesian Journal of History Education 6(1): 31–41.

Khasanah, A., & Amalia, S. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites Berbantuan Quiziz Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 896–908.

Magdalena, Ina et al. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 3(2): 312–25. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Maydiantoro, Albet. 2019. “Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development).” Jurnal Metode Penelitian (10): 1–8. http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/Model-Model Penelitian dan Pengembangan.pdf.

Nawa, Khairun, and Dara Fitrah Dwi. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Bantuan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas Iv Sd.” ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin 1(7): 740–45.

Okril Liadi Putra, & Refnywidialistuti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dengan Perpaduanmind Mappada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Padang. JANGKA Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 29–37.

Pangestu, Yohanes Suhendi, and Danang Setyadi. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Pytha Fun Untuk Teorema Pythagoras SMP.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(1): 113–25.

Purwantoro, Ihsan, Universitas Kristen, and Satya Wacana. 2023. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tema 8 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Power Point Pada Peserta Didik Kelas V SDN Gendongan 01 Salatiga.” 3: 6946–58.

Wulandari, Amelia Putri et al. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5(2): 3928–36.

Wahyuningsih, F., Woroharsih, R. D., Saksono, L., & Samsul, S. . (2021). Utilization of Quizwhizzer educational game applications as learning evaluation media. Advances in Enginnering Research, 209, 148–152.

Y. Nufninu, W. S. Dominikus, and I. Rimo, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Dan ISpring Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa Kelas VII SMP’, J. Emasains J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 17–28, 2021.
Published
2024-07-03
How to Cite
Meslita, R., & Wahyuningsih, F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan Quizwhizzer. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1273-1280. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3177
Share |