Pengembangan LKPD Eksploratif Berbasis Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan kurang optimalnya kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP, khususnya pada materi sifat-sifat dan kekongruenan segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD eksploratif berbasis Scratch yang valid, praktis, dan efektif. Menggunakan prosedur penelitian desain Plomp yang meliputi tiga tahap: Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment, penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Tabanan dengan sampel 20 siswa kelas VIII E untuk uji coba terbatas, 40 siswa kelas VIII C untuk uji coba lapangan I, dan 40 siswa kelas VIII D untuk uji coba lapangan II. LKPD eksploratif berbasis Scratch dikembangkan dengan karakteristik mempermudah siswa dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, serta memfasilitasi kegiatan eksplorasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki validitas yang sangat tinggi dengan rata-rata skor 2,89, kepraktisan dengan rata-rata penilaian siswa mencapai 83%, dan efektivitas yang terlihat dari peningkatan rata-rata skor tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari 86,65 pada uji coba lapangan pertama menjadi 87,31 pada uji coba lapangan kedua. Kesimpulannya, LKPD eksploratif berbasis Scratch terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Downloads
References
Ardiyanti, D., & Mora, Z. (2019). Pengaruh Minat usaha dan motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha wirausaha muda di kota langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 168–178.
Aulia, S., Zetriuslita, Z., Amelia, S., & Qudsi, R. (2021). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Aplikasi Scratch pada Materi Trigonometri. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 205–214.
Candiasa, I. M., Santiyadnya, N., Sukajaya, N., & Sindu, I. G. P. (2019). Example-based learning for vocational education: Adopted from Balinese heuristics learning. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 229–237.
Dhiantika, A. D. A., & Djumadi, D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd)
Eksploratif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan
Keterampilan Memecahkan Masalah Peserta Didik The Development Of An Explorative Problem-Based Learning Worksheet (LKPD) To Improve The Mastery Of Concepts And Problem-Solving Skills. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(4), 248–259.
Edy Waluyo, W., & Nuraini, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2).
Iskrenovic-Momcilovic, O. (2020). Improving geometry teaching with scratch. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(2), em0582.
Isnaini, M., Fujiaturahman, S., Utami, L. S., Zulkarnain, Z., Anwar, K., Islahudin, I., & Sabaryati, J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Scratch sebagai Alternatif Media Belajar Siswa “Z Generation” untuk Guru-guru Sdn 1 Labuapi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 871–875. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6554
Kalelioglu, F., & Gülbahar, Y. (2014). The Effects of Teaching Programming via Scratch on Problem Solving Skills: A Discussion from Learners’ Perspective. Informatics in Education, 13(1), 33–50.
Laksmiwati, P. A., & Retnowati, E. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis kecerdasan majemuk siswa SMP kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 1–11.
Maulidia, L., Nafaridah, T., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Sari, E. M. K. (2023). Analisis Keterampilan
Abad Ke 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin: The Analysis of 21st Century Skills Through the Implementation of the Independent Learning Curriculum at SMA Negeri 2 Banjarmasin. Prospek, 2(2), 127–133.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207–215.
Satria, N. K. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Scratch pada Pokok Bahasan Getaran. Skripsi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang: Semarang.
Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Pengembangan model pembelajaran creative problem solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 191–205.
Zubaidah, S. (2019). Pendidikan karakter terintegrasi keterampilan abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1–24.
Copyright (c) 2024 Ni Kadek Natia Mahadewi, Gede Suweken, I Made Ardana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.