Analisis Belajar Siswa dalam Menerapkan Media KAJAR (Kartu Aljabar) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMPQ Al-Asrar
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana siswa mempelajari materi aljabar dengan menggunakan media pembelajaran serta mengetahui bagaimana media Kartu Aljabar dapat membantu siswa dalam pelajaran matematika menjadi lebih efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menganalisis belajar siswa dalam menerapkan media KAJAR (Kartu Aljabar) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPQ AL-ASRAR. Penelitian ini akan menguji kelompok siswa yang akan diberikan tugas penyelesaian menggunakan media KAJAR (Kartu Aljabar). Untuk menguji keefektifan pembelajaran menggunakan media KAJAR (Kartu Aljabar) dalam mengelola pembelajaran serta respon dari siswa. Hasil analisis deskriptif diperoleh melalui angket respon siswa dan tes hasil belajar dimana dari angket respon siswa diperoleh rata-rata 90,95% siswa memberikan reaksi positif terhadap pembelajaran menggunakan media KAJAR (Kartu Aljabar), sedangkan tes hasil belajar siswa diperoleh 90% siswa diantaranya 27 siswa telah memenuhi KKM dan 3 siswa tidak memenuhi KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media KAJAR (Kartu Aljabar) memiliki respon baik terhadap belajar siswa dan berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arifin, Z., Firmansyah, R., & Lamongan, M. P. (2020). TADARUS : Jurnal Pendidikan Islam. 9(2), 83–103.
Bahri, S. (2021). Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. 2020–2021.
Fatmawati, A. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK SMA KELAS X. 4(August), 30–59.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2019). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 25–33.
Matnuh, H. (2017). Perlindungan Hukum Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 46–50.
Maulidina, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Terhadap Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik Mi Ddi Silopo Kecematan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Pendidikan, 2, 1–13.
Nurjanah, S., & Adman, A. (2018). Analisis Gaya Mengajar Guru Korespondensi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 18. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11760
Sa’pang, A. W., & Purbojo, R. (2020). Efikasi diri guru, pemahaman tentang karakter siswa, dan pemahaman tentang keterampilan Abad ke-21 sebagai prediktor gaya mengajar tipe fasilitator. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(2), 192–211. https://doi.org/10.24854/jpu108
Setyawan, S. B., Walid, & Susilo, B. E. (2023). Implementasi Media Pembelajaran
Berbasis Kartu terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 87–97. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1645
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Suastika, & Rahmawati. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4 (2)(September), 58–61.
Subechi, M. (2020). Materi Bentuk Aljabar Dengan Menggunakan Media Kartu Arisan Pada Siswa Kelas VII-E SMP NEGERI 4 ADIWERNA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020. 67, 71–82.
Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., Wardiningsih, R., & Mataram, U. T. (2023). SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF BAGI Article History : Diterima Disetujui Diterbitkan online matematika bertujuan untuk membangun pemahaman yang kokoh.
Copyright (c) 2024 Moh Fajar Fairuzi, Mety Liesdiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.